Peristiwa Gereja Oikumene, Kemenag Kaltim Imbau Masyarakat Tetap Tenang

By Admin

nusakini.com-- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Saifi mengimbau masyarakat Kota Samarinda dan Kalimantan Timur pada umumnya agar bersikap tenang dan waspada atas peristiwa pelemparan bom di Gereja Oikumene Kota Samarinda yang terjadi pukul 10.00 waktu setempat, Minggu (13/11). 

"Masyarakat diimbau tenang dan waspada menjaga lingkungannya masing-masing," ujar Saifi ketika dihubungi Pinmas. 

Menurutnya, saat ini situasi sudah kondusif , dan penyelenggaraan MTQ Korpri ke-3 yang  dibuka malam ini di Kota Samarinda dipastikan berjalan sesuai jadual,karena aparat kepolisian telah berupaya dan bekerja profesional memastikan situasi Kota Samarinda aman. 

Dijelaskan Saifi, Kementerian Agama Provinsi Kaltim dan Kantor Kemenag Kota Samarinda sudah menerjunkan tim untuk menelaah peristiwa tersebut bekerjasama dengan aparat kepolisian. 

Sejauh ini, lanjutnya, kejadian pengeboman tempat ibadah khususnya di Kota Samarinda baru pertama terjadi, terlebih bertepatan dengan momentum event nasional penyelenggaraan MTQ Korpri. 

"Mereka (pelaku) mungkin ingin menggunakan momentum ini untuk mendapat perhatian luas," kata Saifi yang kembali mengimbau masyarakat untuk tetap waspada menjaga lingkungannya dan beraktivitas sebagaimana biasanya. 

Dijelaskannya, Kemenag Kaltim terus berupaya menjalin komunikasi dan berdiaog dengan tokoh-tokoh agama serta ormas keagamaan dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama di Provinsi Kalimantan Timur. (p/ab)